Cara Membuat Origami Box Bentuk Segitiga

Rasanya sudah lama sekali saya sudah tidak berbagi tutorial tentang cara membuat origami. Kali ini saya akan membagikan tutorial tentang cara membuat origami box yang mempunyai fungsi untuk menyimpan sebuah hadiah di dalamnya seperti cincin atau anting-anting tergantung seberapa besar box yang akan kamu buat. Origami box yang akan kita buat ini termasuk origami modular, mungkin diantara teman-teman ada yang sudah pernah melihat origami box seperti yang akan kita buat ini. Sekarang kita mulai saja tutorial cara membuat origami box yang berbentuk segitiga.
cara membuat origami box segitiga
Untuk membuat origami bentuk box segitiga ini, kita akan membutuhkan tiga lembar kertas, sebaiknya kita gunakan yang satu jenis kertas. Untuk kamu yang sudah mahir dengan origami kamu dapat menggunakan kertas persegi dengan ukuran 5x5 cm. Tetapi kalau kamu masih baru dan belum mahir dengan origami seperti saya, kamu dapat menggunakan kertas persegi dengan ukuran 15x15 cm agar lebih mudah dalam melipat kertas.
Baca juga : Cara Membuat Kotak Hadiah Sederhana Unik Dan Keren. Setelah kertas kamu siapkan sekarang perhatikan gambar instruksi cara membuat origami piramida berikut ini. Langkah-langkahnya akan saya jelaskan selanjutnya.
cara membuat origami box segitiga
Sebenarnya petunjuk pada gambar di atas sudah cukup jelas, tetapi untuk lebih memperjelas lagi saya akan berikan langkah-langkah secara garis besar cara membuat origami box segitiga.
  • Letakan dengan posisi seperti ketupat lalu lipat dari bawah ke atas lihat gambar nomor 1 dan gambar nomor 2.
    Lipat lagi dari kiri ke kanan, kemudian buka lagi lipatan itu, sehingga akan kita dapat garis lipatan di tengah segitiga. Lihat gambar nomor 3 dan 4.
  • Ambil ujung bawah kiri dan kanan lalu lipat ke tengah dan masing-masing ujungnya bertemu di titik atas. Lihat gambar nomor 5 dan nomor 6. Jangan lupa lipat kertas yang ke dua dan ke tiga serupa dengan kertas pertama.
  • Jejer ketiga kertas yang sudah kita lipat tadi.
    Buka kertas lalu lipat dari kiri ke kanan membentuk segitiga seperti pada langkah kedua dan lakukan hal yang sama pada kertas yang lain. Lihat gambar nomor 7 sampai 10.
  • Satukan kertas pertama dan kedua dengan cara bagian memasukan kertas yang ada "sirip" nya ke dalam kertas yang "tidak ada siripnya" secara menyilang lihat gambar 11 dan 12.
  • Ambil kertas ketiga satukan seperti langkah sebelumnya, kemudian kita dorong perlahan untuk membuat bentuk 3 Dimensi.
    Ambil dua sirip terakhir lalu masukan kedalam segitiga di depannya untuk mengunci bentuk 3 dimensi. Lihat gambar 13-15
  • Pada langkah terakhir ini adalah mengunci bentuk 3 dimensi dan sebelum itu kamu dapat memasukan benda ke dalam origami box ini bisa berupa anting, gelang atau juga batu akik hehehe... Dan setelah kamu masukan ke dalam langkah terakhir adalah menutup dan mengrapikan origami box segitiga yang sudah kita buat.
Nah, demikian tutorial membuat origami box yang berbentuk segitiga kali ini. Origami box yang berbentuk segitiga ini dapat kamu jadikan alternatif untuk membungkus hadiah seperti origami amplop. Semoga teman-teman juga dapat membuat origami box yang bagus dan keren. Terima kasih sudah mengunjungi dan membaca artikel di blog yang sederhana ini. Jika artikel ini dirasa bermanfaat silahkan bagikan lewat link di bawah.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
April 5, 2016 at 8:26 PM delete

Makasih jd bisa bikin PR origami buat anakku

Reply
avatar

Terima kasih atas kunjungan Anda,silahkan berkomentar sesuai topik.
Menuliskan link aktif di dalam komentar akan segera dihapus :).
Terima Kasih.
ConversionConversion EmoticonEmoticon