Cara Menanam Daun Bawang di Polybag Dengan Mudah

Menanam daun bawang mungkin lebih mudah jika dibandingkan dengan menanam tanaman jenis sayur yang lain. Kita dapat langsung menanamnya di lahan tanpa perlu menyemai. Bibit yang kita tanam dapat kita peroleh dari sisa-sisa dapur yang biasa kita buang jadi kita tidak perlu membelinya.
Kenapa yah, begitu mudahnya menanam daun bawang anehnya banyak yang belum menanam daun bawang.
cara menanam daun bawang di polybag

Syarat hidup daun bawang

Daun bawang merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi dengan rentang ketinggian  900-1700 meter dpl, dengan suhu udara ideal yang dibutuhkan untuk pertumbuhan daun bawang antara 19-24 derajat Celcius.
Akan tetapi daun bawang juga masih dapat tumbuh di daerah dataran rendah yang bersuhu panas.

Manfaat daun Bawang

Daun bawang banyak digunakan sebagai bumbu masakan seperti martabak, mie ayam, soto dan masih banyak yang lainnya

Langkah-langkah cara menanam daun bawang

  • Menyiapkan media Tanam
Media tanam pot atau polybag untuk menanam bawang daun sama dengan menanam jenis sayuran lainnya. Pada dasarnya media tanam tersebut harus bersifat poros, subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik.
Media tanam pot atau polybag terdiri dari tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1, akan tetapi agar lebih mudah kita cukup menggunakan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.
  • Menyiapkan bibit
Karena kita akan menanam daun bawang dengan cara yang mudah kita akan menggunakan bibit yang didapat dari sampah dapur.
Sebelum ditanam bibit dipotong dulu batangnya sehingga menyisakan batang bagian bawah yang berwarna putih sekitar 10-15 cm dan bagian atas yang berwarna hijau dapat kita masak.
  • Menanam daun bawang
Lubangi media tanam yang berupa campuran tanah dan pupuk kandang tadi menggunakan jari, lalu tanamlah bibit kita.  Kalau menggunakan pot atau polybag berukuran besar, kita dapat menanam beberapa bawang daun dalam satu pot.
  • Perawatan tanaman daun bawang
Setelah ditanam, jangan lupa untuk selalu merawat dengan menyiram bibit yang sudah kita tanam tersebut. Setelah itu letakkan pot atau polybag kita di lokasi yang aman dari gangguan hewan seperti ayam dan bebek, dan pastikan juga tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup.
Penyiraman dilakukan 2-3 kali sehari tergantung cuaca dan kondisi tanaman. Jangan lupa untuk memberi pupuk kandang sekitar satu kepalan tangan setiap bulannya agar tanaman daun bawang yang kita tanam mendapat asupan nutrisi.
Baca juga : Memanfaatkan Sampah Dapur Untuk Berkebun.
Nah, demikian tips mudah menanam daun bawang di polybag kali ini. Saya sendiri sudah menanam daun bawang sisa dapur akan tetapi daun bawang yang saya tanam masih belum tumbuh dengan subur. Mungkin karena kondisi lingkungan saya yang agak panas jadi ya begitu lah… hehehe…
Referensi : Google
Previous
Next Post »

Terima kasih atas kunjungan Anda,silahkan berkomentar sesuai topik.
Menuliskan link aktif di dalam komentar akan segera dihapus :).
Terima Kasih.
ConversionConversion EmoticonEmoticon