6 Macam Origami yang Harus Kamu Ketahui

Membuat origami merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan kita dapat membuat bermacam-macam bentuk sesuai kemampuan kita. Walaupun kita tidak terlalu mahir membuat origami yang unik akan tetapi kita dapat mencari tutorial membuat origami yang tersebar di belantara internet ini. Akan tetapi, taukah kamu sebenarnya ada beberapa macam origami yang berbeda-beda. Nah, hari ini bikin ide akan membahas tentang 6 macam origami yang harus kamu ketahui.

Action Origami

Pada urutan pertama adalah action origami, action origami adalah origami yang dapat bergerak. Action origami, pertama muncul adalah origami burung tradisional Jepang mengepakkan sayapnya yang merupakan origami action yang sangat umum. Salah satu contoh origami action yang lain adalah origami instrumental Robert Lang, origami jumping frog serta origami Spring Into Action by Jeff Beynon dan masih banyak yang lainnya.
6 macam origami yang harus kamu ketahui
origami action

Origami Modular

Yang kedua adalah origami modular, origami modular dibuat dari beberapa potongan origami yang kecil dan identik, kemudian digabungkan menjadi model origami yang lengkap. Biasanya potongan-potongan origami kecil itu sangat sederhana, akan tetapi untuk membuat model origami yang lengkap biasanya melalui proses yang sangat rumit akan tetapi model yang dihasilkan merupakan origami 3D yang cantik. Dan salah satu jenis origami modular sederhana yang sudah kita buat adalah origami box bentuk segitiga.
6 macam origami yang harus kamu ketahui
Origami modular

Origami wet-floding

Wet floding merupakan salah satu teknik origami untuk membuat lipatan kurva yang lembut daripada lipatan geometris yang lurus dan datar. Sesuai dengan namanya makan untuk membuat origami dengan wet floding maka bahan terlebih dahulu dibasahi sehingga dapat dengan mudah untuk dibentuk. Umumnya teknik wet floding digunakan untuk membuat model hewan sehingga menghasilkan model yang alami.
6 macam origami yang harus kamu ketahui
Wet floding bull

Origami Pureland

Origami pureland merupakan teknik lipat origami yang diciptakan oleh John Smith, seorang floder dari inggris yang hanya menggunakan montain dan valley folds dalam proses pembuatanya. Tujuan dari teknik pureland origami ini adalah untuk membuat origami mudah bagi folder kurang berpengalaman dan mereka yang memiliki gangguan keterampilan motorik. Sehingga beberapa desainer origami menyukai tantangan untuk menciptakan dengan batasan-batasan yang ketat.
6 macam origami yang harus kamu ketahui
Pureland origami

Origami Tessellations

Origami Tessellations merupakan cabang dari teknik origami yang populer setelah tahun 2000. Tessellations (juga disebut ubin) adalah ketika bentuk disusun berdampingan untuk menghasilkan pola tanpa celah. Dalam tessellations origami, lipatan digunakan untuk menghubungkan bagian-bagiannya seperti sentuhan lipatan bersama-sama secara berulang.
6 macam origami yang harus kamu ketahui
Origami Tessellations

Kirigami

Kirigami adalah variasi dari origami yang mencakup proses pemotongan kertas. Pemotongan sering digunakan dalam origami tradisional Jepang. Biasanya, Kirigami dimulai dengan basis dilipat, yang kemudian dipotong, pemotongan kemudian dibuka dan diratakan untuk membuat Kirigami selesai. Kirigami biasanya simetris, seperti kepingan salju, pentagrams, atau anggrek.
6 macam origami yang harus kamu ketahui
Kirigami
Nah, demikian 6 macam origami origami yang sudah kita bahas kali ini mudah-mudahan kita mendapatkan pengetahuan tentang macam-macam origami. Sehingga kamu dapat membedakan macam-macam origami ini. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog yang jelek ini. Happy floding Referensi :
Wikipedia
Origami Resource Center
Previous
Next Post »

Terima kasih atas kunjungan Anda,silahkan berkomentar sesuai topik.
Menuliskan link aktif di dalam komentar akan segera dihapus :).
Terima Kasih.
ConversionConversion EmoticonEmoticon